Cara Mengolah Limbah Perusahaan dengan Baik dan Benar

Updateinformasi.id Kerusakan lingkungan yang terjadi disekitar kita salah satunya disebabkan oleh adanya limbah perusahaan yang tidak diolah dengan benar. Limbah perusahaan sendiri juga bisa disebut dengan istilah limbah industri. Pada dasarnya, limbah merupakan suatu produk buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi industri maupun dari rumah tangga (domestik). Dimana kehadiran limbah ini tidak dikehendaki oleh lingkungan karena tidak memiliki nilai ekonomis.

Cara Mengolah Limbah Perusahaan dengan Baik dan Benar

Akibat kerusakan alam dan pencemaran yang disebabkan oleh limbah tersebut makin lama akan menurunkan kualitas kehidupan. Disadari ataupun tidak pencemaran oleh limbah industri tersebut akan mempengaruhi kualitas tanah dan air. Seiring dengan berjalannya waktu efeknya akan merusak kesehatan orang yang mengkonsumsi air di daerah tersebut.

Cara untuk Mengolah Limbah Cair Perusahaan

Mayoritas pelaku industri menyepelekan dan mengesampingkan soal pengolahan limbah dengan alasan dana. Mereka beranggapan untuk membuat sebuah sistem IPAL membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Padahal untuk tahap pertama Anda bisa melakukan pengolahan limbah secara sederhana. Tujuannya agar semua bahan berbahaya yang bisa mencemari tanah dan air bisa dihilangkan.

1. Cara Alami

Anda bisa mengolah limbah dengan cara alami menggunakan kolam-kolam stabilisasi. Kolam ini fungsinya untuk menetralisir limbah dari bahan cemaran berbahaya. Ada 3 jenis kolam yang digunakan dalam sistem pengolahan limbah alami ini yaitu :

  • Kolam anaerobik yang memiliki kedalaman sekitar 0,3-06 meter dan bisa ditembus oleh cahaya hingga ke dasar kolam.
  • Kolam fakultatif untuk mengolah limbah yang tercemar oleh bahan organik pekat.
  • Kolam maturasi yang berfungsi untuk menghilangkan bakteri patogen berbahaya yang ada di dalam limbah.

Setelah melalui pengolahan dalam 3 kolam stabilisasi tersebut, air limbah bisa dialirkan ke sungai dengan aman karena semua bahan berbahaya sudah dihilangkan. Pembuatan kolam stabilisasi ini tidak membutuhkan biaya yang mahal malah relatif mudah dan murah. Sehingga tidak ada alasan lagi limbah tidak diolah karena alasan anggaran yang terbatas.

2. Menggunakan Bantuan

Cara yang kedua dalam pengolahan limbah yaitu dengan menggunakan bantuan biasanya dilakukan dengan sistem Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL). Pengolahan limbah akan dilakukan dengan 3 tahapan yaitu :

  • Primary treatment (pengolahan limbah tahap pertama)
  • Secondary treatment (pengolahan limbah tahap kedua)
  • Tertiary treatment (pengolahan limbah tahap ketiga)

Setelah itu barulah air limbah aman untuk dialirkan ke sungai atau saluran pembuangan lainnya.

Pengolahan Limbah B3 (Bahan Beracun dan Berbahaya)

Limbah industri biasanya juga berupa Bahan Beracun dan Berbahaya atau B3. Untuk pengolahan limbah jenis ini ada beberapa cara yaitu :

1. Pengolahan Secara Kimia, Biologi dan Fisik

Pengolahan limbah industri jenis B3 secara kimia, biologi dan fisik dilakukan dengan solidifikasi atau stabilisasi. Yaitu cara pengolahan limbah dengan cara mengubah bentuk kimia dan fisik untuk memperkecil risiko daya racun pada limbah tersebut. Dalam pengolahan sistem ini biasanya digunakan semen kapur, bahan termoplastik dan kapur.

2. Dengan Sumur Dalam

Pengolahan limbah industri B3 dilakukan juga dengan sumur dalam yaitu memompakan limbah ke dalam lapisan batuan dalam. Secara teori cara tersebut akan membuat racun terperangkap sehingga tidak mencemari tanah dan air.

Nah itulah beberapa cara pengolahan limbah perusahaan yang bisa dilakukan. Untuk mencegah kerusakan tanah dan air serta lingkungan dalam skala besar hendaknya cara pengolahan limbah perusahaan mulai dipikirkan dengan serius mulai saat ini. Dengan pengelolaan limbah yang tepat, maka kelestarian dan kebersihan serta kesehatan lingkungan bisa terjaga.

Mengelola sampah memang susah susah gampang, terlebih jika volume sampah sangatlah banyak. Tentu hal ini menjadi kesulitan tersendiri. Untuk mempermudah pengelolaan sampah, Anda dapat melakukan konsultan sampah kepada perusahaan penyedia jasa sampah.

Salah satu perusahaan yang berpengalaman mengelola sampah baik rumah tangga maupun perusahaan adalah Waste4Change.

Waste4Change merupakan sebuah perusahaan yang berdiri dengan visi untuk “Menjadi Pemimpin dalam Menyediakan Solusi Pengelolaan Sampah yang Bertanggung Jawab”.

Untuk mencapai hal tersebut, perusahaan ini memiliki strategi khusus yakni, “Perubahan Ekosistem Pengelolaan Sampah yang Bertanggung Jawab dengan Berlandaskan Kolaborasi dan Teknologi Menuju Penerapan Ekonomi Melingkar (Circular Economy) dan Indonesia Bebas Sampah”.

Ciri khas Waste4Change adalah penggunaan metode Zero Waste to Landfill. Pemilahan sampah dilakukan dari sumbernya, memastikan semua diolah tanpa ada yang dikirim ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA), serta ada pelaporan alur sampah yang komprehensif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *